Jumat, 15 Juni 2012

TMMD KE-88 TAHAP I TAHUN 2012 SENGKUYUNG KABUPATEN GUNUNGKIDUL RESMI DITUTUP


Selasa  pagi, 12 Juni 2012, di wilayah Kabupaten Gunungkidul, dilaksanakan Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-88 Tahap I Tahun 2012 Sengkuyung, dipusatkan di Lapangan Dusun Gumawang, Desa Putat, Kecamatan Patuk. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Bupati Gunungkidul--Badingah, S.Sos..
Dalam laporan pelaksananaan TMMD dimaksud yang dibacakan oleh Dansatgas TMMD Sengkuyung telah teralisasi semua sasaran/kegiatan baik fisik maupun non-fisik sesuai dengan rencana, bahkan pada sasaran fisik melampaui target yang ditetapkan (over prestasi). Sasaran fisik sesuai rencana meliputi : cor rabat beton jalan panjang 750 m. dan lebar (70 cm. x 2), pembangunan Pos Kamling 1 unit, rehab masjid 1 unit; dengan over prestasi, yaitu cor blok jalan panjang 250 m. dan lebar (70 cm. x 2), serta pemasangan gorong-gorong 1 unit. Sekitar 179 orang terlibat setiap harinya dalam pelaksanaan sasaran fisik tersebut, termasuk dari masyarakat setempat 60 orang per hari dan dari  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) 5 orang per hari. Realisasi sasaran fisik senilai Rp. 212.000.000,-  (Dua ratus dua belas juta rupiah) bila dihitung secara keproyekan (diborongkan), tetapi karena ini dikerjakan oleh TMMD dapat menghemat Rp. 95.000.000,- (Sembilan puluh lima juta rupiah) berupa material maupun tenaga. Dalam kegiatan TMMD ini karena medan yang cukup terjal, berbagai kendala di lapangan dijumpai di lapangan, terutama dalam hal penyediaan material di pucuk-pucuk bukit untuk pembangunan jalan. Sehingga kendaraan roda 2 banyak dipergunakan untuk melangsir (memindahkan) semen-semen yang ada di bawah.
Berbagai bantuan non-keuangan juga telah diterima oleh kegiatan ini, yaitu : dari BPPMD Prov. DIY (toolkit), Kodim 0730/Gk. (6 tangki air), Dinas Sosial Prov. DIY (beras 800 kg.), Bank BPD Cabang Wonosari (1 unit TV, 8 meter karpet), juga partisipasi tokoh masyarakat maupun masyarakat umum setempat. Sebelum TMMD dbuka tanggal 23 Mei 2012, juga telah dipersiapkan sebelumnya dengan Pra TMMD  dari tanggal 30 April  sampai dengan 22 Mei 2012. Dalam kegiatan non- fisik juga telah dilaksanakan penyuluhan/pembinaan dari berbagai sektor baik yang dilaksanakan oleh Kodim 0730/Gk,, Polres Gk., lembaga/organisasi terkait, maupun SKPD terkait; termasuk kegiatan sosial Donor Darah dan Cek Golongan Darah dari PMI Gunungkidul.
Dalam rangkaian Upacara tersebut juga diadakan penyerahan kembali alat kerja secara simbolis dari TNI maupun masyarakat kepada Bupati, dan juga serah terima hasil kegiatan TMMD. Dengan telah selesai dan diserahkan hasil kegiatan TMMD ini, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan, sekaligus  memelihara, bahkan meningkatkan hasil yang telah dicapai tersebut. Selesai Upacara, dilanjutkan kunjungan Bupati beserta MUSPIDA mengunjungi hasil kegiatan/sasaran fisik dan ramah-tamah di Balai Desa Putat.
Kegiatan TMMD Sengkuyung tersebut di wilayah Provinsi DIY disamping dilaksanakan di desa Putat (Patuk, Gunungkidul), juga desa Kalirejo (Kokap, Kulonprogo), desa Bangunjiwo (Kasihan, Bantul), serta kelurahan Wirobrajan (Wirobrajan, Yogyakarta); sedangkan TMMD Reguler dilaksanakan di wilayah Kabupaten Sleman. Manfaat TMMD bagi masyarakat pada hakekatnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; sedangkan bagi personil TNI disamping lebih mengenal teritorial/kewilayahan, juga dalam rangka meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial melalui komunikasi sosial yang dijalin dengan warga masyarakat. Melalui TMMD, kita dapat membangun solidaritas antar warga masyarakat dengan aparat, dalam rangka tetap menjaga keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Gunungkidul, 13 Juni 2012 (MW).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar