Rabu, 20 Juni 2012

PEMBELAJARAN KE-96 TENTANG ISTILAH DENGAN KATA "GOOSE" (ANGSA)

dalam Pembelajaran Ke-96 ini kita akan sama-sama belajar istilah Inggris dengan kata "goose". Goose dimaksudkan sebagai binatang besar berbulu putih, berleher indah, dan sering disebut sebagai "Angsa".
Goose (gu:s) adalah bentuk tunggal, sedangkan geese (gi:s) adalah bentuk jamak. Menurut kamus Collins Cobuild, A goose is a large bird with a long neck and webbed feet. Atau dengan kata lain, Angsa adalah sebangsa burung besar yang berleher panjang dan berselaput diantara jari-jari kakinya (bandingkan dengan "Duck").
Istilah yang dimaksud berhubungan dengan kata memasak atau "cook" (kuk). Bentuk lampau atau "past" maupun "past perfet"-nya adalah "cooked" (kukd).
Berikut ini arti secara harfiah :
I cooked his goose = Saya memasak angsanya
He's cooked his gooese = Ia telah memasak angsanya
I've cooked her goose = Saya telah memasak angsanya
She's cooked her goose = Ia telah memasaka angsanya
Istilah yang muncul dari kata cook dan goose adalah sebagai berikut :
I've cooked his goose = saya telah berbuat sesuatu yang merintangi orang tersebut melaksanakan rencananya, atau saya telah menggagalkan (membuat kesalahan terhadap) pelaksanaan rencananya.
Istilah ini bermula dari cerita jaman dahulu, yakni penduduk suatu kota pernah mengecimuskan atau mengejek serdadu/tentara yang lemah dengan menggantungkan angsa-angsa tersebut, dan serdadu/tentara (komandannya) membalas dengan berjanji akan memasak (menembak, membakar) angsa-angsa tersebut.
cook someone's goose = memasak angsa seseorang
kalau anda punya mitra yang berharap promosi, padahal ia pernah menjelek-jelekkan pimpinan anda, dan anda kemudian mencegah seseorang (ia) untuk melaksanakan rencananya (promosi), maka anda akan bilang : I've cooked his goose.

Sumber Pembelajaran : "Queston Time", by : Agus Suyono, and Yen, from BBC World Service Seksi Indonesia, March 17, 1992.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar