Rabu, 09 Mei 2012

PEMBELAJARAN KE-84 MEMBAHAS BAHASA BISNIS TENTANG RESERVASI/PEMESANAN KAMAR HOTEL VIA TELPON

Dalam Pembelajaran Ke-84 ini kita akan sma-sama belajar membahas tentang reservasi/pemesanan kamar hotel via telpon.
Tuan Leung, seorang bisnisman atau pengusaha kayu ingin menginap di Pontianak sebelum meneruskan perjalanannya ke hulu sungai.
Peg. Hotel (Perempuan) : Goodmorning, The Great Hyat International Hotel, can I help you?
Tuan Leung                      : Have you got a single room for the nineteenth, please?
Peg. Hotel (Perempuan) : A single or double room, Sir?
Tuan Leung                     : Single
Peg. Hotel (Perempuan) : Just one night, Sir?
Tuan Leung                     : No, for two nights, please
Peg. Hotel (Perempuan) : Two nights, thank you. Can I have your name and contact phone number please,
                                           Sir?
Tuan Leung                      : It's Mr. Leung. That's LEUNG, and the number's BANGKOK 329641
Peg. Hotel (Perempuan) : Mr. Leung, Bangkok 329641.
So that's a single room for the nineteenth for two nights. Thank you very much. We look forward seeing you then.
Saatnya kita berganti peran -- role play.
Membuat reservasi = memesan tiket perjalanan bisnis, liburan/perjalanan keluarga, termasuk tiket "theatre".
Kali ini kita (saya bersama keluarga) mengunjungi Jepang. Kita tiba di sebuah hotel, namun belum/ttidak memiliki reservasi. Lalu, saya menuju ke Bagian Reservasi/Pemesanan dan bertanya pada pegawainya.
Pegawai (Perempuan) : Good evening, can I help you>
Saya (Laki-laki)          : Have you got a double room, please?
Mari kitaa p[ergi ke "Theatre" untuk memesan 2 tiket untuk nonton Theatre.
Peg. (Perempuan) : Goodevening, can I help you?
Saya (laki-laki)     : Goodevening, have you got two tickets for tonight?
Tahapan membuat reservasi di sebuah hotel :
1. Tanyakan apakah ada kamar yang kosong atau tersedia
2.. Tentukan jenis kamar yang anda inginkan
3. Nyatakan berapa lama/malam anda mau tinggal/menginap?
Berikut ini saran-saran (tips) seputar reservasi :
-Dari Muangthai : TRANTIP PRATANAWI KAWI, seorang petugas Public Relation, Excecutive Hospitility, pelayanan di sebuah hotel : 1) Confirm the booking! (Konfirmasikan pemesanan!); 2) Write to confirm your reservation! (Tulislah buat/untuk mengkonfirmasikan pemesanan anda!)
-Dari Burme : Note the name of the person taking the booking, a booking reservation number, and the time and the date you make it, and ask for booking reference too (Catatlahorang yang menerima booking

-Dari China : Say what you want when you book to be on a certain floor or a room with a view! (Nyatakan serinci mungkin lantai mana/berapa, kamar dengan pemandamgan tertentu).

Lengkapilah reservasi yang dibuat Tuan Leung, yaitu mengenai : nama, jenis kamar, tanggal kedatangan, berapa lama/malam akan menginap, tidak lupa Tuan Leung meninggalkan Contact Phone Number kalau-kalau ada perubahan situasi.
Perhatikan kata-kata yang tekait dengan reservasi : availability (ketersediaan), a single (tunggal), double (dobel), suit (                   ), secretarial (berhubungan dengan kesekretariatan), typing (mengetik), fax./facs. (faksimili), leissure (santai), health club (klub sehat), location (lokasi), sight seeing (jalan-jalan), swimming pool (kolam renang), golf course (lapanagan golf), sport utility (tempat olahraga), shopping area (tempat belanja), confirmation (konfirmasi), missunderstanding (ketidaksepahaman), booking (pemesanan).
The businessman may want to know "fasilitas sekretariat atau umum apa saja yang tersedia seperti fasilitas olahraga, tempat jalan-jalan diseputar kawasan, dan sebagainya"

Sumber Pembelajaran : Bahas Bisnis, oleh : Iwan Sudirwan, dari BBC World Service Seksi Indonesia, 6 Nopember 1995.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar