Sabtu, 12 Mei 2012

PEMBELAJARAN KE-89 MEMBAHAS BAHASA BISNIS --LANJUTAN PEMBELAJARAN KE-88

Dalam Pembelajaran Ke-89 ini kita akan melanjutkan Pembelajaran Ke-88 tentang bagaimana mengajak/mengundang seseorang secara sopan.

- What's time?
- eight o'clock at your hotel
- Okey (OK)

Toni Arfan (TA), account manager sebuah bank besar di Asia, dipromosikan menjadi sales director.
David Wijaya (DW) baru saja mengundangnya.
DJ : Toni, it's good to see you again.
TA : ..............................................
When did you ............................... ?
My club's nearby

Would you like to come for around of golf on Sunday? (Maukah kau buat main golf 1 (satu) putaran pada hari Minggu?).
Ini berlaku untuk for a dinner/to the party/to a movie.

Role Play = Main/Ganti Peran
Di  sebuah disko paling trendi di suatu kota bersama-sama teman-temannya, pasangan Australia, Hygen baru saja perkenalkan diri. Disko hampir habis/tutup, dan istri Hygen (Cyndi) ingin tahu apa yang terjadi.
Cyndy : It is going to close it. OK, guys, what next?
Hygen : Would you like to come for a coffee?(ajakan minum kopi), for a breakfast (sarapan).

Hari ini kita kedatangan seorang tamu, very special guest from Aszia/Indonesia,.Junus Efendi Habibi,
ambassador to British (Duta Besar RI untuk Inggris) yang membantu Pembelajaran kita. Tamu kita hari ini seorang VIP (Very Important People), Beliau adalah wakil negara dan presidennya, yang membentuk hubungan diplomatik yang baik antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Inggris.
Dalam kaitannya dengan hubungan warga antar negara, perhatikan kata-kata/ungkapan berikut ini :
- repeat each other = saling hormati orang-orang
- build up = membangun
- I have socialization
- I know you understand to each other better
- houst = tuanrumah
- guest = tamu
- principle
- Asd a houst, you always try to make the guest fgeel happy

Sikap kita pada orang yang lebih tua (orangtua) maupun pada golongan VIP
- honour = m,enghormati
- cultural values = nilai-nbilai budaya
- the honoured older people
- that is one of the values
- ceremony = upacara
- surprise = kejutan
- custom = kebiasaan
- respect = m,enghormati
- we have to drink from one cup
- win-win approach/solution = pendekatan/solusi sama-sama untung
- deal = kesepakatan
- loose = rugi

Sumber Pembelajaran : Bahasa Bisnis, oleh : Iwan Sudirwan, 25 Desember 1995, BBC World Service Seksi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar